Spanyol Dapat Penghargaan Fair Play Team Piala Dunia 2018

Tim nasional Spanyol memang harus menerima kenyataan pahit di ajang Piala Dunia 2018. Namun, skuad besutan Fernando Hierro ini mendapatkan penghargaan Fair Play Team di ajang Piala Dunia 2018 kemarin.

Sebenarnya, penampilan tim nasional Spanyol cukup menawan di Piala Dunia 2018. Dan tekad tim nasional Spanyol untuk pulang tanpa tangan kosong pun menjadi kenyataan seusai Andres Iniesta dan rekan – rekannnya mendapat pengharagaan Fair Play Team oleh FIFA.

Mungkin memang penghargaan ini bukan yang mereka harapkan ketika sampai ke Russia pada bulan Juni lalu. Namun, Sergio Ramos, Diego Costa, Sergio Bosquet dan pemain Spanyol lainnya berhasil menyuguhkan permainan apik sehinga mereka memamng layak mendapatkan penghargaan Fair Play Team.

Penghargaan Fair Play Team ini bukan penghargaan yang sepele, pasalnya setiap pemain dan angota staf pelatih Fair Play Team akan menerima medali satu per satu.

epa04975741 Spanish players (front row, L-R) Cesar Azpilicueta, captain Cesc Fabregas, Paco Alcacer, Nacho, Nolito, and Isco; (back row, L-R) goalkeeper David de Gea, Mario Gaspar, Mikel San Jose, Xabier Etxeita, and Thiago Alcantara line up before the UEFA EURO 2016 group C qualifying soccer match between Ukraine and Spain at the Olimpiyskyi stadium in Kiev, Ukraine, 12 October 2015. Spain won 1-0. EPA/SERGEY DOLZHENKO

Tak hanya itu, penyerahan penghargaan ini juga disertai dengan sertifikat serta cek sebesar 50 ribu dollar AS yang harus digunakan untuk pembinaan sepak bola akar rumput di Spanyol. Penghargaan yang satu ini juga hanya dapat diberikan pada tim yang berhasil melaju melampaui fase grup.

SA
panyol mengakhiri perjalanan mereka di Piala Dunia 2018 hanya dengan 2 kartu kuning. Kartu kuning pertama diberikan pada Sergo Bosquets dalam pertandingan melawan Portugal, dan kartu kuning kedua diberikan kepada Gerard Pique untuk handball yang dilakukannya ketika berhadapan dengan tim tuan rumah.

Penghargaan ini pun bukan merupakan yang pertama kalinya bagi Spanyol. Mereka sudah pernah mendapatkan penghargaan yang sama di Piala Dunia tahun 2006 dan 2010 lalu.