Rondo Jalin Kontrak Satu Tahun Dengan Lakers

Los angeles Lakers menjadi salah satu tim NBA tersibuk di pasar pemian bebas (free agent) pada musim ini. Setelah mendapat kesepakatan untuk bekerja sama dengan sang mega bintang NBA, Lebron James pada 1 Juli 2018 kemarin, laker belum mengurungkan niatnya untuk menghentikan transaksi. Di hari yang sama dengan perekrutan Lebron James, manajemen Lakers berhasil mempertahankan pemain mereka Kentavious Caldwell-Pope dan menambah kerjasama dengan Lance Stephenson serta JaVale McGee kedalah tim mereka.

Lakers memutuskan untuk melepas forward andalan mereka, Julius Randle. Namun, pelepasan Julius Randle tak dianggap mengejutkan oleh para pengamat NBA karena nama Julius Randle sudah beberapa kali diberitakan akan keluar dari Lakers sejak awal musim 2017 – 2018.

Tak butuh banyak waktu bagi Randle untuk mendapatkan tawaran tim lain, ia pun setuju bergabung dengan New Orleans Pelicans dengan kontrak selama dua tahun dengan bayaran AS$18 juta. Randle sudah menjalani semua 82 pertadingan dengan Lakers dan menjadi pemain utama (starter) di 49 pertadingan. Pemain berusia 23 tahun ini berhasil mengoleksi rataan 16,1 poin, 8,0 rebound, dan 2,6 asisst.

Setelah kepergian Randle ke Pelicans, justru salah satu pemain Pelicans bergabung dengan Lakers. Dan lagi – lagi Laker menambah pemain baru dalam timnya untuk musim depan . Lakers merekrut Rajon Rondo sang garda utama Pelicans. Pemian yang pernah mendapatkan satu kali gelar juara ketika bersama Boston Celtics ini bersepakat dengan Lakers dengan kontrak selama setahun dengan nilai kontrak AS$9 juta.

Sebenarnya, Pelicans masih ingin memperpanjang kontrak dengan Rondo, namun tawaran dengan nominal yang lebih tinggi oleh Lakers tak mampu ditolak Rondo. Hal ini dianggap wajar oleh beberapa pengamat NBA mengingat usia Rondo yang tak lagi muda dan penampilannya yang tak lagi stabil. Di musim ini sendiri, Rondo berhasil mengantarkan Pelicans lolos ke babak playoff dan menjadi fasilitator terbaik tim dengan koleksi 8,2 assisst per laga.

Atlet usia 32 tahun ini diharapkan dapat menjadi pelayan yang baik bagi Lebron dengan umpan – umpannya yang gemilang. Kedatangan Rondo ini juga menyebabkan masa depan lonzo Ball di Laker dipertanyakan. Lonzo Ball dapat tergusur ke bangku cadangan atau di tarde Lakers untuk mendapatkan Kawhi Leonard dari San Antonio Spurs.