Prancis Tekuk Uruguay 2-0

Pertandingan perempat final Piala Dunia 2018 antara Uruguay dengan Prancis yang berlangsung di Stadion Nizhny Novgorod, Jumat (6/7/18) berakhir dengan kemenangan Prancis 2 gol tanpa balas.

Pertandingan berjalan dengan tempo lambat di menit – menit awal. Prancis yang biasa bermain cepat dalam mengalirkan bola, nampak lebih berhati – hati dalam melancarkan serangan di 10 menit awal.

Uruguay mendapatkan peluang di menit keenam. Christian Stuani yang berada di sisi kiri pertahanan Prancis menerima umpan terobosan Martin Caceres dengan posisi kosong untuk menembak. Sayngnya, tembakannya masih melebar dari gawang Prancis.

Di menit 15 giliran Prancis mendapat peluang melalui Kylian Mbappe yang mengancam gawang Uruguay. Mbappe yang berdiri bebas di depan mulut gawang menyundul bola hasil umpan Olivier Giroud, namun masih melambung diatas mistar gawang.

Prancis memang unggul dalam penguasaan bola sebanyak 62 persen sedangkan Uruguay hanya menguasai 38 perseb bola.Perancis juga lebih banyak menekan pertahanan Uruguay, tetapi serangan Perancis masih dapat digagalkan oleh lini pertahanan Uruguay yang sangat kuat dan solid.

Akhirnya, Prancis berhasil membobol gawang Uruguay di menit 40 melalui Raphael Varane. Bek milik Real Madrid ini berhasil menyundul bola hasil tendangan bebas yang dieksekusi Antoine Griezmann hasil dari pelanggaran yang dilakukan Rodrigo Bentacur terhadap Corentin Tolisso yang tak jauh dari kotak penalti. Perancis pun berhasil unggul 1-0 atas Uruguay.

Di menit 43 Uruguay hampir saja menyamakan kedudukan yang diawali dengan sundulan Martin Caceres ke pojok kanan gawang dan berhasil ditepis oleh kiper Hugo Lloris dan bola rebound tersebut di sambar Dego Godin. Sayangnya, Godin terlalu bernafsu menyambar bola dan justru bola melambung tinggi di samping gawang.

Uruguay yang tertinggal terus menekan pertahanan Prancis namun masih belum membuahkan hasil. Babak pertama pun berakhir dengan skor 1-0 untuk Prancis.

Babak kedua dimulai dengan permainan tempo lambat dari kedua tim. Perancis masih menguasai bola, sedangkan Uruguay menunggu momen untuk mengandalkan serangan balik cepat mereka yang cukup mematikan.

Pada menit 56, bek Prancis, Samuel Umtiti melakukan blunder di dalam kotak penalti. Umtiti terjatuh ketika menghadang lawan yang merebut bola, sembari terjatuh ia mendorong bola keluar kotak penalti. Beruntungnya tendangan Bentacur ktika menyambar bola blunder Umtiti tersebut masih melebar dari gawang Prancis.

Pada menit 61 Uruguay semakin tertinggal dengan gol Antoine Griezmann yang menggadakan keunggulan Prancis. Tembakan kaki kiri Griezmann dari luar kotak penalti gagak di amankan oleh kiper Uruguay, Fernando Muslero. Prnacispun berhasil unggul 2-0 atas Uruguay.

Pada 20 menit terakhir pertandingan ini Uruguay terus mencari gol untuk memperkecil ketertinggalan mereka. Namun Uruguay dibuat kebingungan sendiri dengan pertahanan Prancis yang kuat dan sangat disiplin. Hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan Uruguay tak dapat mendapatkan gol satu pun sehingga laga berakhir dengann skor 2-0 untuk Prancis.