Pemain Rusia Diklaim Gunakan Amonia Ketika Bertandingan

Berita mengejutkan datang dari tim nasional Rusia yang dikabarkan para pemainnya diklaim telah menghirup amonia untuk meningkatkan kinerja dan performa merek di lapangan selama berlaga di Piala Dunia 2018.

Hal mencenangkan ini dinyatakan oleh surat kabar Jerman, Süddeutsche Zeitung dan hal ini juga telah dibenarkan oleh tim dokter tim nasional Rusia yang berhasil disingkarkan Kroasia di babak perempat final Piala Dunia 2018 melalui adi penalti yang berakhir dengan skor 3-4 (2-2).

Berita di Süddeutsche Zeitung ini mengutip salah seorang juru bicara Federasi Sepakbola Rusia yang mengakui salah satu pemain pengganti tim nasional Rusia di Piala Dunia 2018 telah menghirup bola kapas yang sudah dicelupkan ke amonia sesaat sebelum pemain ini masuk ke lapangan untuk menghadapi Spanyol.

Kepala profesional medis tim nasional Rusia, Eduard Bezuglov mengatakan bahwa para pemainnya telah menghitup amonia sebelum pertandingan kontra Spnayol dan juga ketikan jelang menhadapi Kroasia di babak perempat final menghadapi Kroasia.

“Kami bicara tentang amoniak sederhana yang Anda teteskan pada bola kapas, kemudian para pemain menghirupnya. Ribuan atlet lakukan hal yang sama untuk memberi diri mereka dorongan. Ini telah digunakan selama beberapa dekade,” ujar Bezuglov seperti dilansir media lokal di Rusia.

“Ini tidak hanya digunakan dalam olahraga, tapi juga dalam kehidupan sehari-hari ketika seseorang kehilangan kesadaran dan merasa pusing, karena bau yang kuat itu yang seakan memacu kita. Anda bisa pergi ke apotek dan membeli amonia dan juga cotton buds. Itu bukan doping,” tambahnya.

Walau amonia tak digolongkan sebagai zat terlarang dalam peraturan anti doping internasional, namun amonia ini dikenal untuk membantu meningkatkan kinerja tubuh secara atketik dengan cara merangsang pernapasan dan meningkatkan aliran oksigen dalam darah.

“Federasi Sepakbola Rusia bertindak seolah-olah itu adalah sesuatu yang biasa, seperti sedang menggunakan sampo di kamar mandi,” demikian komentar dalam artikel yang ditayangkan Süddeutsche Zeitung.

Süddeutsche Zeitun bukan merupakan satu – satunya media Jerman yang mengabarkan peningkatan pemain Rusia dengan penggunaan amonia. Tabloid Bild juga mengabarkan gambar yang disiarkan telenisi publik Jerman tentang para pemain Rusia yang secara terus – menerus menggosok hidung mereka selama laga perempat final melawan Kroasia menunjukkan bahwa para pemain sang tuan rumah tersebut menggunakan substansi untuk meningkatkan performa mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *