Oliver Bierhoff Buka Suara Tentang Dibawanya Ozil ke Rusia

Oliver Bierhoff, mantan pemain tim nasional Jerman menyatakan bahwa seharusnya Mesut Ozil dan Ilkay Gundogan tidah diberangkatkan ke Rusia untuk Piala Dunia bersama Jerman oleh Joachim Loew.

Tim nasional Jerman sendiri harus pulang lebih awal di Piala Dunia 2018 ini setelah mereka gagal dalam fase grup dan tersingkir.

Tentunya kegagalan Jerman ini menjadi perhatian para masyarakat luas dan membuat keyakinan adanya kutukan juara bertahan yang tak pernah bisa masuk ke babak 16 besar seperti yang sudah terjadi pada Italia dan Spanyol.

Tetapi, Jerman memang sudah menjadi perbincangan publik jauh sebelum putaran final berlangsung, tepatnya sehari sebelum Jerman mengumumkan skuad mereka yang akan berangkat ke Rusia.

Saat itu Mesut Ozil dan Ilkay Gundogan, pemain Jerman yang sama – sama berdarah Turki, berfoto dengan presiden Recep Tayyip Erdogan.

Dengan foto kedua pemain Jerman ini dengan presiden Turki tersebut karena presiden Erdogan adalah sosok yang kontroversial sehingga Ozil dan Gundogan dicemooh para suporter di laga – laga persahabatan.

Sedangkan bagi Olivier Bierhoff sendiri, seharusnya sosok Ozil tak disertakan ke dalam skuad Jerman karena memberi efek tekanan besar usai tersebarnya foto yang kontroversial tersebut.

“Kami seharusnya tidak memanggil Ozil. Kami tidak pernah memaksa pemain-pemain tim nasional unutk berbuat sesuatu, tapi lebih memilih meyakinkan mereka,” ucap eks pemain yang terkenal karena sundulannya ini, pada Die Welt.

“Kami gagal melakukan itu dengan Mesut dan oleh karenanya, seharusnya kami tidak menyertakannya [ke timnas] untuk alasan sporting.”

“Saya yakin tim tidak teralihkan perhatiannya kala Mesut dan Ilkay mengambil foto tersebut. Namun perdebatan setelahnya lah [yang mengalihkan perhatian].”

“Singkatnya saya seharusnya bisa menangani masalah tersebut lebih baik,” sesal Oliver Bierhoff.

Di Piala Dunia 2018 ini sendiri, Mesut Ozil diturunkan dalam pertandingan kontra Meksiko dan Korea Selatan, dimana Jerman menelan kekalahan dalam dua pertandingan ini. Dan yang paling memalukan bagi Jerman adalah kekalahan mereka dengan Korea Selatan yang jika Jerman menang seharusnya mereka dapat lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2018.